Kiat-kiat Sukses Minta Dipromosikan oleh Atasan - Merasa sudah berprestasi tapi belum juga naik jabatan? Anda bisa minta
dipromosikan oleh atasan. Untuk membicarakan soal promosi jabatan perlu
dilakukan dengan cara yang tepat.
Kepala konsultan dari Experd
Consultant, Cherry Zulviyanti Riadi Lukman mengatakan, jika Anda sudah
memiliki prestasi yang cukup banyak dan merasa layak menempati posisi
yang lebih tinggi coba didiskusikan dengan atasan supaya mendapat
promosi jabatan. Bicarakan baik-baik dan penuh rasa hormat.
"Sampaikan
dengan cara yang santun didukung dengan prestasi kita sehingga kita
merasa layak berada di posisi yang kita tuju," jelas Cherry saat
dihubungi wolipop melalui telepon, Rabu (09/01/2013).
Setelah
berbicara dengan atasan, tunjukkan kemampuan Anda untuk menuju jabatan
yang lebih tinggi. Beritahukan atasan bahwa Anda mampu melakukannya
melalui hasil kerja di perusahaan. Dengan begitu, perusahaan pasti
mempertimbangkan Anda supaya cepat dipromosikan.
Namun jika sudah
berusaha semaksimal mungkin tapi perusahaan belum juga memberikan Anda
kesempatan naik jabatan, berarti ada sesuatu yang belum terpenuhi. Entah
itu berkaitan dengan prestasi atau ada hambatan yang membuat Anda tidak
dipromosikan. Selain kepada atasan, Anda juga bisa membicarakannya
dengah pihak Human Resource Development (HRD).
"Tidak ada
salahnya berdiskusi kepada pihak HR atau atasan apakah harus ada lagi
pencapaian target kerja yang harus dia penuhi agar bisa (naik jabatan).
Itu nggak apa-apa ditanyakan saja. Toh tujuannya juga baik, kita ingin
memberikan yang lebih lagi kepada perusahaan," tutur wanita lulusan
Universitas Padjajaran itu.
Meminta promosi jabatan sebaiknya
didasari rasa ingin memajukan perusahaan bukan cuma ingin naik gaji
karena semakin tinggi posisi di perusahaan semakin berat tanggung jawab
yang diberikan. Anda harus bisa membuktikan hal itu melalui kinerja di
perusahaan.
“Banyak juga orang yang ingin naik gaji makanya ingin
naik jabatan. Padahal sebenarnya kalau diberi porsi atau tanggung jawab
yang lebih dia tidak bisa mengatasinya,” tambahnya kemudian.
Ingat,
perusahaan mempunyai penilaian sendiri sebelum memberikan promosi
kepada karyawannya. Umumnya, pihak manajemen perusahaan melakukan review
setiap enam bulan sekali. Maka dari itu, Anda harus berusaha semaksimal
mungkin menunjukkan bahwa Anda memang layak naik jabatan.
"Standard-nya
enam bulan karena biasanya kita suka ada penilaian ya, setiap enam
bulan sekali satu semesteran biasanya di situ timing yang tepat," papar
Cherry yang sudah enam tahun bekerja di Experd Consultant sebagai Chief
Consultant Assessment, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang
pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).
Jika hasil penilaian atau
evaluasi perusahaan belum bisa mengangkat Anda untuk menempati posisi
yang diinginkan, mereka pasti akan memberitahukan secara baik-baik.
Jangan kecewa atau marah, sadari diri dan berusaha lebih proaktif dalam
membangun perusahaan.
Cherry menyarankan, tingkatkan terus
prestasi serta kemampuan Anda dalam menuntaskan pekerjaan. Berusaha
menjadi orang yang aktif agar bisa memberikan solusi, membantu
memecahkan masalah dalam perusahaan, membuat keputusan, serta mampu
membangun tim kerja yang kreatif. Kiat-kiat Sukses Minta Dipromosikan oleh Atasan